Yamaha YZF-R125 vs Honda CBR125R



Well … ini menarik untuk dibahaz… karena hampir semua pengamat bikez dikolong jagad ini… lagi rame.. membahas mengenai Yamaha YZF-R125 vs Honda CBR125R… !!! Yah gue coba.. ngikot membahaz.. baik dari sisi teknis, design, Accessoriezz.. maupun implikasinya terhadap marketing..!!! Yah kalau hanya tekniz.. gaarriiinggg mbbbok..!!! :D

Sisi Teknis

Dari sisi engine sebenernya sudah ceeetttooo (jelaaz red.) banget.. !!!

Honda CBR 125R, menggunakan engine 124.7cc, 4 stroke, 2 valves, SOHC single cylinder, liquid cooled. Ngerti khan.. dengan 2 valves.. 1 valve sebagai intake… 1 valves sebagai exhaust… !!! Compression ratio nya lumayan 11:1. Power yang dihasilkan hanya 13HP pada 10000RPM, dan torsi maksimum 10.1Nm pada 8000RPM…!!! :D


Yamaha YZF-R125, menggunakan engine 124.6cc, 4 stroke, short stroke, 4 valves, SOHC single cylinder, liquid cooled. Karena pake 4 valves.. pasokan nya tambah juuooozz… compression rationya pun meningkat 11.2:1. Power yang dihasilkan mencapai 15HP pada 9000RPM …atau 12% lebih besar dari CBR125R.. !!! Power yang dihasilkan tersebut cukup memerlukan 1000RPM lebih rendah. Torsinya pun lebih tinggi yaitu 12.24Nm pada 8000RPM..!!! :D

Dari sisi aspek teknizz… sudah jelaslah… YZF-R125 ini … lebih powerful dibandingkan si raja kelas 125cc ini.. (soalnya paling laris di kelasnya..!!!). Jadi angka sementara… 1 - 0 untuk Yamaha YZF-R125..!!!


Aspek Design

Mungkin ini agak subyektif… tapi gue berani masukin.. karena ini juga sangat berpengaruh orang memilih suatu product..!!! Dan jika dilihat dari design.. Yamaha YZF-R125 begitu aerodinamizz… bentuknya mengadopsi YZF-R6.. jadi kalau dari jauh.. nggak bisa membedakan diantara keduanya.. kecuali suaranya..!!! Silahkan elo judge.. apakah Yamaha atau Honda yang unggul untuk varian ini..!!! Menurut gue.. YZF-R125R masih unggul.. sehingga skor sementara adalah 2 - 0 untuk Yamaha…!!!




Accesoriez / Feature lainnya…

Aspek ini bisa diuraikan beberapa perbedaan diantara keduannya.. sbb :

Ban.. standard YZF-R125 menggunakan ban depan ukuran 100/80-17, sedangkan Honda CBR 125R menggunakan ban ukuran 80/90-17. Sedangkan ban belakang YZF-R125 menggunakan ukuran 130/70-17, sedangkan CBR 125 R menggunakan ukuran 100/80-17. Jelas dari sini aza.. udah YZF-R125 menampilkan kesan ‘moge’. Moge Italia (mito / RS125) rata-rata ban belakang ukuran 150/70-17. Jadi ukuran YZF-R125 masih bisa digedein dikit..!!! :D

Rem.. YZF-R125 sudah menggunakan rem brembo.. sedangkan CBR 125R belon.. !!! Dari sini aza udah jelaaz… YZF-R125.. masih diatas angin.. skor sementara 3 - 0 untuk Yamaha..!!!

Implikasi ke Marketing..!!!

Yah kalau gue disisi Honda, gue berharap jangan sampe nyampe tuh motor ke Indonesia.. !! Ditanya kenapa…??? Sekarang aza .. gue udah puyeng bin mumet …ngadapin Thunder 125, dan V-ixion .. yang untungnya masih banyak indent… jadi syukur.. ada yang pindah ke Honda..!!! Disamping itu… gue juga berharap… kalau motor itu masuk.. moge-moge.. harganya selangit.. biar orang nggak mau / bisa beli.. sehingga product Honda seperti Tiger.. masih bisa aman.. tak terjamah..!!!
Yah kalau gue … disisi Yamaha, yah gue berusaha ini motor bisa masuk… syukur-syukur gue bisa bikin komponen lokal…!!! Kalau itu lama.. yah minimal.. gue masukin dulu.. minimal brand Yamaha bisa kedongkrak.. anggap aza seperti masukin moge… nggak harus bikin 3S perfect.. cukup ada satu tempat.. yang bisa nanganin penjualan / service etc.. model Cagiva Mito.. kalau mau ke bengkel cuma ada satu tempat.. atau model gue panggil montir.. beli partz.. berez..!!! Harga gue arahin sedekat-dekatnya (maksimal mungkin) ke arah Kawasaki Ninja dan Tiger…!!! Kalau harga nggak ngejar juga gimana..?? Gampang.. karyawan gue.. gue kasih harga khusus.. atau jadiin kendaraan dinas kantor… Anggap sarana advertising gratis.. toh karyawan nya bakalan seneng..!!! Sambil wira-wiri .. gue berharap… ada konsumen yang ngidaam… sehingga mau leasing untuk nebuz nih motor…!!
Yamaha YZF-R125 vs Honda CBR125R Reviewed by Barra Khatab On Wednesday, February 17, 2010, at 10:08 PM Rating: 5
DMCA.comCurrently you are reading "Yamaha YZF-R125 vs Honda CBR125R" by Barra Khatab on the day Wednesday, February 17, 2010 Time 10:08 PM, in category , . You may disseminate articles Yamaha YZF-R125 vs Honda CBR125R These sources include a link from this website. Hopefully the product of Yamaha YZF-R125 vs Honda CBR125R on the website Classic Motorcycles available on this website can be useful for everything.

Related Posts: